Stevan’s Teritory Weblog

Everything in here. Enjoyed it!

Apa? Printer berbahaya?

 

Dampak Printer Terhadap Kesehatan

Awas, Bahaya Kanker Dari printer!

berbahaya-bagi-manusia.jpg

 

Bahaya rokok bagi kesehatan tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Namun, tahukah Anda bahwa printer, terutama printer laser yang biasanya dipakai di kantor, juga dapat menimbulkan dampak yang sama bahayanya bagi kesehatan kita? Seperti halnya rokok yang memancarkan partikel-partikel kecil yang berbahaya bagi kesehatan, printer pun memancarkan partikel berbahaya dalam jumlah yang tidak sedikit. Bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkannya mulai dari iritasi pada sistem pernafasan hingga masalah kardiovaskular dan kanker.

Ancaman kesehatan ini dipublikasikan oleh Profesor Lidia Morawska (International Laboratory for Air Quality and Health, Queensland University of Technology) dalam hasil studinya baru-baru ini yang melibatkan 62 jenis printer. Menurutnya, emisi partikel kecil yang berasal dari toner printer dapat masuk hingga ke dalam paru-paru seperti halnya asap rokok yang dihirup. Masalahnya, jika dihirup, partikel kecil ini dapat menimbulkan efek negatif yang sama dengan asap rokok. Risiko yang ditimbulkan akan semakin meningkat bila Anda berada dekat dengan printer atau pada ruangan yang sirkulasi udaranya tidak memadai. Faktor lainnya yang juga ikut andil dalam menentukan besar-kecilnya emisi adalah usia toner atau cartridge yang digunakan (semakin baru semakin tinggi emisinya) dan jenis cetakan (semakin banyak toner yang dibutuhkan, semakin tinggi emisinya).

Dari 62 printer yang telah diuji, 17 printer di antaranya masuk dalam kategori membahayakan kesehatan. Sayangnya demi alasan tertentu, merek printer yang masuk kategori tersebut tidak disebutkan satu per satu. Untuk mengurangi dampak merugikan tersebut, professor Morawska merekomendasikan agar pemerintah tidak hanya mengatur regulasi tingkat emisi dari kendaraan, pabrik, atau sejenisnya, tetapi juga untuk peragkat seperti printer.

January 4, 2008 - Posted by | Artikel

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: