Stevan’s Teritory Weblog

Everything in here. Enjoyed it!

HD, DVD atau Flash?

dvd.jpg

Data Untuk Selamanya

Berapa lama hard disk, CD, dan DVD dapat bertahan? Hasil penelitian terbaru membuktikan

bahwa sering kali hanya dalam beberapa tahun orang terancam kehilangan data. Artikel ini akan

menunjukkan bagaimana cara menyimpan foto, film, dan mail untuk jangka panjang.

 

Tahun 2006 sepenuhnya berada dalam era banjir data digital global. Hampir 100 juta digicam, 50 juta DVD-recorder dengan hard disk, dan sekitar 1,5 milyar lagu iTunes telah terjual. Dengan digicam, milyaran foto diambil. Dengan recorder, jutaan film direkam. Dan pada PC, tak terhitung lagi jumlah lagu yang di-copy.

Akibatnya, hard disk pengguna pribadi cepat penuh. Oleh karena itu, foto dan video di-copy ke CD atau DVD murah kemudian disimpan di lemari. Lalu, 20 tahun mendatang — demikian pikir pengguna—ia akan menunjukkan kepada anak-anaknya yang sudah menjadi dewasa, foto-foto pertama mereka ketika masih bayi, seperti yang dulu dilakukan orangtua mereka dalam bentuk foto warna yang sudah luntur.

Foto digital tidak dapat luntur, tetapi bila 20 tahun mendatang medianya tidak dapat lagi dibaca, foto-foto tersebut hilang. Demikian pula karangan lucu lucu mereka ketika di SD dan skripsi Anda tidak lagi dapat ditemukan.

Bila ingin menyelamatkan kenangan digital Anda hingga puluhan tahun ke depan, pikirkan baik-baik media data mana yang Anda gunakan untuk menyimpannya. Artikel ini akan menunjukkan alternatif apa saja yang tersedia dan apa yang sebaiknya Anda tinggalkan.

 

Media Data Optik: Sangat rentan

Sebagian besar pengguna komputer membuat backup atau arsip pribadi pada CD atau DVD. Namun, ada kenyataan yang mengejutkan. Data Anda dapat menghilang dari sana dengan cepat. Benar, media optik ini sangat rentan kehilangan data. Hampir tidak ada media penyimpan data lainnya yang menawarkan kestabilan dan keamanan seminim keping perak.

Kebanyakan penelitian mengenai harapan hidup CD/DVD telah membuktikan bahwa pada kondisi penyimpanan ideal, keping perak ini dapat bertahan 80-100 tahun. Sayangnya, hampir semua penelitian tersebut dilakukan atas inisiatif produsen sehingga tidak dapat disebut objektif. Selain itu, kondisi ideal yang digunakan dalam pengujian nyaris tidak akan dapat dipenuhi dalam kenyataan sehari-hari.

Sebuah penelitian independen yang dilakukan oleh National Institute of Standards & Technology (NIST) menunjukkan bahwa sebuah DVD-R dapat bertahan hingga 30 tahun, tetapi hanya bila disimpan secara optimal. Itu berarti bahwa suhu harus dijaga pada 25°C tanpa fluktuasi, tak ada cahaya, dan kelembaban merata pada 50%.

Sayangnya, kondisi ideal seperti itu tidak dapat dijumpai dalam lingkungan rumah biasa. Menurut para pakar — dan banyak pengalaman pribadi yang mengenaskan—CD/DVD hasil bakaran sendiri pada penyimpanan biasa seringkali sudah tidak dapat dibaca hanya dalam 2 atau 3 tahun.

Kerusakan pada keping perak dapat terjadi karena berbagai hal. Penyebab yang paling sederhana, tetapi paling sering, adalah akibat diletakkan di meja secara tidak hati-hati. Keping tergores parah sehingga datanya tidak dapat dikenali lagi.

Goresan pada sisi bawah keping dapat menyimpangkan berkas laser sehingga data sukar dibaca. Goresan pada sisi atas (tempat data dan label berada) berakibat lebih parah lagi, terutama pada CD. Goresan halus saja dapat merusak lapisan reflektor yang memantulkan laser. Data tidak dapat dibaca sama sekali.

Kerusakan pada sisi atas sering kali terjadi ketika keping ditulisi dengan bolpoin atau pensil yang ujungnya menggores lapisan reflektor. Oleh karena itu, jika ingin menulisi label, sebaiknya gunakan CD-marker yang berujung lunak sehingga tidak akan merusak permukaan keping.

Banyak orang yang menempelkan stiker sebagai label. Padahal, penggunaan stiker ini lebih berbahaya bagi keamanan data. Terutama pada produk murah, pelarut dalam stiker dapat bereaksi dengan permukaan polikarbonat pada keping. Kelembaban dapat meresap ke dalam lapisan polikarbonat dan membuat lapisan reflektor berkarat.

Pada saat-saat sebelumnya, pelarut juga telah digunakan pada label CD-ROM yang dipres. Bahkan, CD generasi pertama dari awal tahun 80-an dipres dengan label yang berisi bahan kimia berbahaya. Saat ini, arsip musik Perpustakaan Nasional Jerman di Berlin sedang menghadapi masalah ini. Meskipun kondisi penyimpanannya ideal, dari 400.000 keping CD (Februari 2007) sudah beberapa ratus edisi awal tidak dapat dibaca lagi. Kondisi ini dikhawatirkan akan semakin memburuk.

Sudah bertahun-tahun produsen keping menjanjikan produk yang lebih baik dengan masa pakai yang lebih panjang. Saat ini, Kodak telah memperkenalkan inovasi baru yang disebut ‘Preservation’. Menurut Kodak, keping dengan teknologi Preservation ini aman dari karat hingga 300 tahun. Sayangnya, belum ada hasil tes independen yang menguji keabsahan klaim Kodak ini.

LG juga memperkenalkan proses pembuatan keping yang dinamakan SecurDisc. Dalam SecurDisc ini, data disimpan beberapa kali pada tempat yang kosong sebagai cadangan. Sayangnya, keampuhan SecurDisc ini juga belum dapat dibuktikan oleh pihak independen. Goresan kasar pada permukaan atau retaknya keping karena sebab mekanis yang terlalu berat tentu saja tidak dapat diatasi dengan SecurDisc. Hal yang sama juga berlaku bagi keping BluRay dan HD-DVD generasi mendatang.

keping-perak-yang-sensitif.jpg

 

TIPS: Meskipun media optik harganya semakin murah, mudah dioperasikan, dan tersedia hampir di setiap rumah, untuk arsip jangka panjang, keping perak ini tidak dapat diandalkan. Bila Anda termasuk orang yang menggunakan CD/DVD untuk backup, sebaiknya copy data Anda ke media baru. Bila ingin terus menggunakan CD/DVD, pilih keping buatan produsen ternama dengan lapisan emas tahan karat dan permukaan antigores, misalnya Emtec CD-R Gold yang harganya sekitar 1,5 Euro/keping atau TDK ScratchProof DVD yang dijual 2,5 Euro/keping.

Untuk pembuatan arsip pada DVD, sebaiknya gunakan DVD-RAM. Keping jenis ini memiliki manajemen kerusakan yang lebih baik. Manajemen kerusakan pada DVD-RAM dapat mengenali sektor yang rusak dan menghindari penulisan data pada sektor tersebut—seperti yang dilakukan pada hard disk. Dengan cara ini, kemungkinan kesalahan sudah diminimalisasi ketika menulis.

 

Hard disk: Sensitif secara mekanis

Meskipun harga hard disk per megabyte-nya sekarang tidak lebih murah dibandingkan DVD, media ferromagnetik ini memiliki keunggulan dibandingkan keping perak. Untuk menyimpan hard disk berkapasitas 300 GB tidak diperlukan satu rak besar seperti untuk menyimpan DVD .

Akses data hard disk juga jauh lebih cepat dan lebih fleksibel dibandingkan DVD. File dapat dihapus, diganti nama, atau ditimpa dengan mudah—ini sangat memudahkan proses backup. Kelebihan lainnya, produsen biasanya memberi garansi minimal 5 tahun. Dari masa garansi ini saja dapat disimpulkan bahwa usia hard disk umumnya lebih dari 5 tahun.

Namun, tentu saja hard disk pun tidak dapat menjamin diperolehnya arsip yang aman dan dapat diandalkan sepenuhnya. Seperti pada CD/DVD, kondisi penyimpanan hard disk juga sangat penting. Kelembaban udara yang tinggi dapat menyebabkan karat pada bagian-bagian mekanik hard disk. Pancaran magnetik yang kuat dari jarak dekat, misalnya dari loudspeaker, kadang-kadang dapat mengubah kutub info pada media data magnetik dan merusaknya.

Lebih berbahaya lagi jika hard disk jatuh atau terkena guncangan keras. Hard disk 3,5 inci memang tahan akselerasi hingga 250 kali gravitasi (G)—nilai yang sangat tinggi. Namun, karena jarak head baca/tulis sangat dekat dengan keping magnetik (berukuran mikroskopik), benturan keras dapat merusak head baca/tulis ini. Hard disk yang lebih kecil (2,5 dan 1,8 inci) sedikit lebih stabil karena bobotnya yang lebih ringan.

Tidak hanya kelembaban udara dan guncangan mekanik yang dapat merusak hard disk. Kadang-kadang, cacat produk juga menyebabkan kerusakan. Google telah meneliti sebab-sebab kerusakan dari 100.000 hard disk di pusat komputernya dalam studi ‘Failure trends in a large disk drive population’. Hasilnya mengejutkan. Hard disk tidak hanya rusak di akhir usia yang diperkirakan. Banyak juga yang langsung rusak di awal penggunaannya.

roulette-media.jpg

 

TIPS: Penggunaan hard disk sebagai media jangka panjang hanya disarankan bila prosedur yang ketat dikuti. Prosedur yang paling aman adalah membuat backup identik pada 4 drive sekaligus. Bila cara ini terlalu mahal bagi Anda, ada versi yang lebih murah, tetapi merepotkan.

Di minggu pertama, buat backup ganda: 1 pada hard disk arsip yang lama, 1 pada hard disk baru. Integritas hard disk baru perlu Anda periksa secara teratur pada masa-masa awal penggunaan, misalnya dengan tool HDTune (www.hdtune.com).

Tool HDTune membaca nilai Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology (SMART) yang menunjukkan apakah sebuah hard disk akan membuat kesalahan dalam waktu dekat atau tidak. Bila dalam jangka panjang tidak terlihat akan ada masalah, Anda dapat menyingkirkan hard disk lama dan menyimpan yang baru dengan sangat hati-hati. Sebaiknya hard disk disimpan dalam kantung plastik pembungkus hard disk. Setiap 4 tahun sekali, ulangi prosedur ini dengan hard disk baru lainnya.

 

Flash-Memory: Lebih dapat diandalkan

Dari semua media data yang umum digunakan di rumah, flash memory—USB flash disk dan memory-card—memiliki usia tertinggi dalam hal integritas data. Karena dalam memori Flash tidak ada komponen yang bergerak, tidak ada yang akan macet atau rusak akibat pengaruh kelembaban dan gangguan mekanik.

Namun, USB-flash disk tetap bisa pecah. Banyak produsen yang memberi garansi 5 tahun atau lebih untuk produk USB-flash disk atau flash-card, misalnya Kingston. produsen Crucial dan Transcend malah memberi garansi sampai 30 tahun. Di sini, produk bermerk terkenal juga lebih unggul dibanding produk-produk tanpa nama. Produsen-produsen kecil biasanya hanya memberi garansi maksimal sampai 2 tahun atau bahkan tidak ada garansi sama sekali.

Memori flash baru dengan Single Level Cells (SLC) sangat tepat untuk pembuatan arsip. Berbeda dengan chip Multi Level Cells (MLC), chip SLC mampu bertahan sampai 100.000 siklus tulis/baca. Kontroler cerdas yang dapat mematikan sektor tak berguna dapat meningkatkan angka ini hingga beberapa juta siklus.

USB-flash disk dengan SLC di Test Center masih mampu bertahan setelah menjalani lebih dari 100 juta akses tulis/baca. Ketahanan ini lebih dari cukup untuk sebuah arsip data yang aman. Bila pada kemasan flash disk tertulis ‘SLC’, pilih jenis ini.

Namun demikian, untuk media berbasis flash ini juga tidak ada garansi mutlak. Pada berbagai test di Test Center, ada saja USBflash disk dan memory-card yang tiba-tiba tidak lagi berfungsi. Bila Anda berencana membuat arsip jangka panjang dengan media flash, sebaiknya tulisi hanya satu kali. Lebih baik lagi jika Anda menulis satu kali pada beberapa media sekaligus dan simpan di tempat yang terpisah.

Banyak produsen telah menyadari bahwa memori flash juga tepat digunakan untuk backup, terutama bagi foto digital. Pada bulan Maret 2007, SanDisk mengumumkan memory-card yang hanya dapat ditulisi sekali—disebut WORM-card (Write Once, Read Many).

SanDisk sendiri memberi garansi 100 tahun untuk WORM-card—suatu nilai yang cukup realistis karena biasanya memorycard rusak akibat terlalu sering diakses. Harga WORM dijanjikan akan murah sehingga sangat menarik bagi fotografer.

TIPS: Beli produk bermerk ternama dan perhatikan masa garansinya. Saat ini, memori flash semakin murah sehingga solusi sekali pakai demi keamanan data juga menjadi lebih terjangkau. WORM-card juga merupakan pilihan menarik, tetapi masih perlu ditunggu berapa harga pasarannya.

 

Streamer: Mahal, tetapi lebih aman

Meskipun tape-drive jarang digunakan oleh pengguna pribadi, backup berbasis tape ini patut dipertimbangkan, terutama bila ingin menyimpan data dalam jumlah besar.

Pita magnetik tersedia dalam berbagai kelas kapasitas dan harganya cukup murah. Ultrium 3 LTO (Linear Tape Open) berukuran 400 GB bisa didapat dengan harga 50 Euro. LTO adalah standar yang digunakan IBM, HP, dan Seagate. Meskipun tapenya murah, Anda membutuhkan tape-drive yang sangat mahal. Sebagai contoh, Tandberg 420 LTO harganya ±1.000 Euro.

Dengan pengembangan yang konsekuen untuk penggunaan profesional, tape memiliki koreksi kesalahan yang jauh lebih baik dibandingkan media lainnya. Selain itu, usianya juga panjang. Produsen memberi garansi 30 tahun untuk ketahanan data. Nilai ini juga dapat meyakinkan pengguna pribadi.

Kelebihan lain dari tape backup adalah kenyataan bahwa drive dan medianya terpisah. Bila drive tidak berfungsi, tidak otomatis menyebabkan hilangnya data seperti pada hard disk.

TIPS: Solusi tape yang lebih lambat dan murah adalah Quantum Travan 40 untuk 300 Euro. Varian lainnya adalah media Magneto-Optical-Disc (MOD) yang sangat tahan panas dan medan magnet. MOD juga menawarkan proteksi lebih tinggi untuk integritas data karena perubahan satu bit harus terjadi secara optik dan magnetik. Drive MOD seperti Fujitsu MCR3230AP harganya sekitar 220 Euro dan media 30 GB sekitar 50 Euro.

 

Layanan penyimpanan online: Masalah kepercayaan

Satu cara yang sangat berbeda, tetapi sangat aman untuk penyimpanan arsip jangka panjang adalah layanan online. Layanan ini menyediakan kapasitas simpan di Internet bagi perusahaan maupun pengguna pribadi. Bila layanan online ini dapat menjamin keamanan integritas data, Anda tidak perlu khawatir.

Biasanya, layanan online memiliki sistem backup data redundan (multi-backup). Tidak berfungsinya satu sistem tidak berpengaruh apapun pada data Anda. Sistem yang rusak hanya perlu diganti dan data Anda tetap aman.

Namun demikian, layanan semacam itu tentu saja tidak gratis. Layanan gratis biasanya tidak memberikan jaminan integritas data dan kapasitas yang tersedia juga terbatas. Saat ini Google hanya menyediakan 2,8 GB untuk setiap pengguna pribadi. Batasan ini bisa ditingkatkan dengan membayar biaya tertentu.

Untuk 30 Euro/bulan, Anda juga bisa mendapatkan layanan profesional dengan kapasitas 1.000 GB, trafik 100 GB, dan berbagai ukuran file di Mediamax (www.mediamax.com).

TIPS: Sedapat mungkin, perkecil ukuran data penting Anda dan gunakan salah satu layanan online. Meskipun terjadi bencana, misalnya kebakaran di rumah, tidak semua data Anda hilang. Anda perlu memberi kepercayaan kepada penyedia layanan bahwa data Anda aman dari akses pihak lain. Bila tidak yakin, enkripsi data Anda.

Jangan lupakan password Anda. Bila Anda lupa, data Anda dapat tersimpan selama puluhan tahun tetapi tidak dapat diakses. Terakhir, solusi keluarga juga telah terbukti dapat diandalkan. Titipkan media backup berisi data penting Anda kepada kerabat yang tidak tinggal serumah dan dapat dipercaya.

 

 

5 Tips Penting:

Menyimpan Data untuk Selamanya

Para pengguna PC telah sepakat bahwa mem-backup data adalah suatu keharusan. Namun, arsip jangka panjang tidak banyak dipikirkan oleh pengguna karena menuntut disiplin dan pengetahuan. Dengan tip berikut ini, Anda dapat membackup foto, film, dan dokumen lainnya dengan mudah untuk puluhan tahun ke depan.

1. Relevansi:

Semakin banyak data yang Anda simpan, semakin besar risiko terjadinya ‘chaos’—akan sulit menemukan data tertentu. Oleh karena itu, sortir data Anda dengan baik dan simpan hanya yang benar-benar dibutuhkan di masa mendatang—data yang tidak dapat dibuat ulang. Dengan volume data yang lebih kecil penyimpanan menjadi lebih mudah.

2 Redundansi:

Meskipun terasa merepotkan, sebaiknya backup data pada beberapa media sekaligus. Idealnya, gunakan hard disk eksternal sebagai backup tambahan. Data terpenting sebaiknya juga Anda simpan di layanan online. Untuk foto, gunakan saja memory-card. Dengan demikian, Anda selalu memiliki sebuah backup yang siap digunakan ketika foto pada PC menghilang.

3 Migrasi:

Copy secara teratur backup Anda ke media baru. Dengan demikian, Anda memperkecil kemungkinan crash dan menjamin data dapat diakses dengan perangkat baca aktual. Disket 51/4 kini sudah sulit dibaca karena perangkat bacanya sudah tidak diproduksi lagi.

4 Integritas:

Periksa secara teratur arsip Anda. Untuk arsip pada hard disk, tersedia program yang dapat membaca info SMART. Untuk CD/DVD, Anda dapat menggunakan tool seperti CDCheck (www.kvipu.com/CDCheck). Tool ini memeriksa bit demi bit, apakah keping masih dapat dibaca seluruhnya atau tidak. Bila ada masalah, segera pindahkan arsip Anda ke media baru.

5 Kualitas:

Jangan gunakan keping atau hard disk murah untuk data penting Anda. Biasanya, meskipun tidak selalu, harga yang murah didapat dengan menghemat ongkos produksi. Untuk arsip CD, sebaiknya pilih keping bermerek dengan lapisan reflektor emas. Untuk DVD, gunakan keping DVD-RAM. Untuk hard disk, pilih model dengan putaran rendah, misalnya 5.400 kali/menit.

January 4, 2008 - Posted by | Tips & Triks

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: