Stevan’s Teritory Weblog

Everything in here. Enjoyed it!

Review Overlord

overlord.jpg 

Overlord

Meniti Karier ala Sauron

Overlord menawarkan tema permainan yang unik, yaitu membangun kerajaan pasukan kejahatan yang dibumbui oleh humor menarik.

Tidak banyak game yang mampu memberikan sebuah terobosan yang menarik dalam hal gameplay. Kebanyakan game akhir-akhir ini hanya mampu bersaing dalam hal keindahan tampilan saja, dengan semakin meningkatnya teknologi di bidang 3D. Bahkan, ada pula pemain yang beranggapan game yang bagus hanya diukur dari tampilannya saja. Lalu, bagaimana dengan Overlord? Apakah game ini hanya memamerkan tampilan saja, tetapi nihil gameplay?

perlengkapan.jpg

 

Untungnya Overlord termasuk game yang memiliki gameplay yang bagus. Game ini menggabungkan unsur petualangan kamera orang ketiga (Third-person View) dan unsur strategi dari Real-time Strategy (RTS) dalam sebuah metode yang unik. Bagaimana caranya? Anda tidak hanya bertualang sendiri, tetapi ditemani oleh anak buah yang banyak jumlahnya!

minion.jpg

 

Keberadaan anak buah yang menemani Anda bisa dibilang jantung dari game ini. Seiring dengan berjalannya cerita, Anda akan menemukan empat jenis anak buah yang masing-masing memiliki keahlian yang unik. Mulanya Anda hanya ditemani oleh anak buah jenis pertama yang ditandai dengan warna coklat. Mereka adalah pasukan serbaguna yang biasanya digunakan di garis depan pertempuran. Mereka dapat mempersenjatai diri dengan segala jenis perlengkapan yang ditemui (mulai dari labu dan kepala tikus untuk helm hingga senjata yang beraneka ragam) dan membawakan benda-benda yang mereka temui untuk Anda seperti uang dan potion.

sihir.jpg

 

Semakin lama Anda bermain, Anda akan menemukan jenis lain dari anak buah (atau disebut juga minion) yang bisa digunakan dalam permainan. Minion merah dapat menembakkan api dan memadamkan api, minion hijau dapat menghilangkan daerah beracun dan menyerang musuh berukuran besar dari belakang, dan minion biru yang dapat menyeberangi air serta menghidupkan kembali minion yang mati.

armor.jpg

 

Setelah Anda memiliki semua jenis minion, barulah permainan yang membutuhkan strategi dimulai. Sering kali Anda harus mengatur gelombang penyerangan terhadap musuh supaya minion Anda tidak mati. Untungnya, pengendalian dalam game ini tergolong mudah dan tidak butuh waktu lama untuk dikuasai.

istana.jpg

 

Untuk mengembangkan kekuasaan kejahatan Anda, nantinya Anda akan menemukan banyak feature menarik, seperti upgrade istana, membuat perlengkapan khusus Overlord, sihir, dan meningkatkan batas minion yang bisa Anda kendalikan.

angkat-beban.jpg

 

Bentuk gameplay Overlord yang menarik untungnya diimbangi oleh kualitas tampilan yang baik. Sebagai sebuah game yang sebenarnya bertema kegelapan, banyak bagian dari game ini justru dihiasi oleh warna yang beraneka ragam. Selain itu, pencahayaan yang lembut juga membuat Anda dapat bermain dengan cukup nyaman selama berjam-jam di depan monitor. Sedangkan untuk kualitas tampilannya, game ini mampu memperlihatkan lingkungan yang indah dan bentuk karakter yang bagus terutama untuk minion. Setiap perlengkapan yang mereka temukan akan terlihat ketika dipakai.

Anda juga akan dihibur oleh humor yang menyegarkan permainan, terutama yang dikatakan oleh para minion Anda. Namun, game ini bukan tanpa cacat. Terdapat batasan untuk kejahatan yang dapat Anda lakukan serta efeknya terhadap karakter Anda. Padahal, Anda adalah Overlord yang jahat. Selain itu, tidak adanya peta membuat penjelajahan menjadi agak rumit. Namun secara keseluruhan, game ini sangat menarik.

kesimpulan.jpg 

nilai-total.jpg

January 4, 2008 - Posted by | Review Games

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: